Pengertian Biografi dan Ciri dan Contoh Karangan Biografi


Untuk mengetahui Pengertian Biografi dan Ciri Karangan Biografi, terlebih dahulu mari kita pahami Pengertian karangan nonfiksi dan fiksi, karena cerita biografi merupalan bagian dari karangan non fiksi. Pengertian karangan nonfiksi secara umum adalah sebuah karya yang bersifat informatif (seringkali berupa cerita) yang pengarangnya dengan itikad baik bertanggung jawab atas kebenaran atau akurasi dari peristiwa, orang, dan informasi yang disajikan.

 

Menurut Aceng Hasani (2005:21) karangan nonfiksi adalah karangan yang berupa data dan fakta. Jadi tidak ada unsur imajinasi pengarang. Dalam hal ini, Aceng Hasani memberikan batasan bahwa sebuah karangan dapat digolongkan ke dalam karangan nonfiksi apabila didalamnya terdapat data-data yang dapat dibuktikan kebenarannya. Selain itu, karangan nonfiksi juga disusun melalui fakta-fakta yang secara nyata terjadi di lapangan tanpa adanya unsur imajinasi dari pengarang. Sedangkan menurut Yeti Mulyati (2004: 7. 3) karangan nonfiksi adalah tulisan yang disusun berdasarkan kenyataan. Maksud dari pernyataan tersebut adalah suatu tulisan yang mengandung unsur-unsur kebenaran dalam pembuatannya dan didapatkan dari kenyataan yang terjadi di lapangan, maka dapat dikategorikan ke dalam karangan nonfiksi.

 

Ciri-ciri karangan Nonfiksi adalah Memiliki ide yang ditulis secara jelas dan logis serta sistematis; Mengandung informasi yang sesuai dengan fakta; Menyajikan temuan baru atau penyempurnaan temuan yang sudah ada; Motivasi, rancangan dan pelaksanaan penelitian yang tertuang jelas;

 

Apa saja Jenis-jenis Karangan Nonfiksi ? Jenis-jenis Karangan Nonfiksi adalah biografi, karya ilmiah, berita, laporan, resensi, otobiografi, dan masih banyak lagi. Segala karangan yang logis dan tidak berdasarkan imajinasi penulis termasuk ke dalam karangan nonfiksi. Di bawah ini adalah deskripsi dari jenis-jenis karangan nonfiksi.

 

Apa pengertian Biografi ? Biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga. Teks biografi disusun oleh orang lain, bukan oleh diri sendiri.

 

Pengertian kata biografi berasal dari bahasa Yunani, bios yang memiliki arti hidup dan graphien yang berarti tulis. Biografi merupakan sebuah tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang. Secara sederhana, biografi dapat di artikan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi sendiri dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat saja, namun biografi tersebut dapat lebih dari 1 buku.

 

Biografi singkat hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang serta peran pentingnya. Biografi panjang meliputi informasi-informasi yang bersifat penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail serta dituliskan dengan gaya cerita yang baik.

 

Biografi merupakan sebuah buku yang menceritakan kejadian-kejadian hidup seseorang. Lewat biografi tersebut dapat ditemukan hubungan, keterangan arti dari sebuah tindakan tertentu atau sebuah misteri yang melingkupi hidup seseorang, dan juga merupakan sebuah penjelasan mengenai tindakan atau perilaku dalam hidupnya.

 

Pengertian biografiBiografi dapat bercerita mengenai kehidupan seorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak terkenal. Biografi seringkali bercerita mengenai tokoh sejarah, namun tak jarang juga mengenai orang yang masih hidup. Banyak biografi sekarang ini yang ditulis secara kronologis.

 

Biografi membutuhkan bahan-bahan utama serta bahan pendukung. Bahan utama dapat berupa benda-benda, misalnya buku harian, surat-surat, kliping koran, dan sebagainya. Bahan pendukung biasanya berupa biografi lain, buku referensi, sejarah yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut dan sebagainya. Biografi adalah suatu kisah atau keterangan dari perjalanan kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan atau kisah nyata.

 

Apa saja ciri-ciri karangan biografi? Biografi memiliki struktur yang terdiri atas : orientasi, peristiwa atau masalah, serta reorientasi. Biografi memuat berdasarkan informasi fakta serta disajikan dalam bentuk narasi. Faktualnya (fakta) berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.

 

Terdapat 4 (empat) hal yang harus di cermati dalam teks biografi, yaitu: Judul biografi, Hal yang menarik serta mengesankan yang ditampilkan dalam kehidupan tokoh yang diceritakan; Hal yang mengagumkan serta mengharukan yang muncul dalam kehidupan tokoh yang diceritakan; dan Hal yang dapat di contoh atau diteladani dari kehidupan tokoh.

 

Bagaimana Struktur Teks Biografi? Struktur teks biografi terdiri dari orientasi, peristiwa dan masalah, reorientasi. Adapun yang dimaksud Orientasi merupakan bagian dimana menjelaskan tentang pengenalan tokoh, berisi gambaran awal tentang tokoh yang diceritakan dalam biografi tersebut. Peristiwa dan Masalah merupakan bagian yang berisi tentang sebuah peristiwa atau kejadian yang pernah dialami, termasuk didalamnya memuat tentang masalah yang pernah dihadapinya dalam mencapai tujuan serta cita-citanya. Hal-hal yang menarik, mengagumkan, mengesankan, dan mengharukan yang pernah dialami tokoh juga diuraikan dalam bagian ini. Sedangkan Reorientasi merupakan bagian penutup. Bagian ini berisi tentang pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan tersebut. Reorientasi bersifat opsional, yang artinya pada bagian ini boleh ada atau tidak.

 

Apa perbedaan Karangan Fiksi dan Karangan Nonfiksi seperti Biografi ? Pertama, Karangan fiksi adalah karangan yang berisi kisahan atau dongeng yang dibentuk menurut imajinasi atau imajinasi dari pengarang. Karya fiksi atau dongeng biasanya berbentuk roman, novel, dan dongeng pendek (cepen). Sedangkan karangan non fiksi adalah karangan yang dibuat berdasarkan fakta, realita, atau hal-hal yang benar-benar dan terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.

 

Perbedaan yang kedua dapat dilihat dari ciri-cirinya. Adapaun Ciri-ciri karangan fiksi: Berusaha menghidupkan perasaan atau menggugah emosi pembacanya; Dipengaruhi oleh subyektivitas pengarangnya; Bahasa bermakna denotatif (yaitu makna sebenarnya) juga konotatif, asosiatif (yaitu makna tidak sebenarnya), ekspresif (yaitu memberi bayangan suasana pribadi pengarang), sugestif (yaitu bersifat mempengaruhi pembaca), dan plastis (yaitu bersifat indah untuk menggugah perasaan pembaca). Sedangkan siri-ciri tulisan nonfiksi: Biasanya berbentuk tulisan ilmiah dan ilmiah populer, laporan, artikel, feature, skripsi, tesis, disertasi, makalah, dan sebagainya; Karangan nonfiksi berusaha mencapai taraf obyektivitas yang tinggi, berusaha menarik dan menggugah nalar (pikiran) pembaca; Bahasa bersifat denotatif dan menunjuk pada pengertian yang sudah terbatas sehingga tidak bermakna ganda;

 

Adapaun Manfaat dan Fungsi Membaca Karangan Nonfiksi bagi pembaca sebagai berikut. 1) Menambah konsentrasi. Karangan nonfiksi biasanya mengajak kita untuk berpikir realistis. Hal ini juga dapat menjadi sarana melatih fokus dan konsentrasi. 2) Melatih kemampuan berfikir. Dengan membaca karangan nonfiksi, pembaca akan berfikir sistematis dan otak akan menangkap apa yang sedang dibaca. 3) Sarana pengembangan diri. Dengan banyak membaca karangan nonfiksi, pola pikir akan menjadi lebih baik dan berfikir lebih cerdas; 4) Mendapatkan pelajaran hidup berharga. Karangan nonfiksi kebanyakan terinspirasi orang-orang berpengaruh. Tipikal karangan ini memberikan bagaimana kemenangan dan tragedi yang pernah terjadi. Membaca pengalaman orang lain dapat memberikan pelajaran hidup berharga dimana bisa membantu menghindari kesalahan serupa dan memanfaatkan peluang baru; 5) Menjadi komunikator yang lebih baik. Membaca karangan nonfiksi dapat memperbanyak kosa kata sehingga lebih mudah dalam berkomunikasi.

 

Contoh karanganan non fiksi Biografi. Berikut contoh karya karangan nyata berbentuk karanngan Biografi adalah sebagai berikut:

Judul: Biografi Chairul Tanjung

Chairul Tanjung lahir di Jakarta pada tanggal 16 Juni 1962. Orang tua Chairul Tanjung bernama A.G Tanjung (Ayah) yang berketurunan Batak sedangkan ibunya bernama Halimah adalah orang Sunda tepatnya Sukabumi.

Awalnya keluarga Chairul Tanjung adalah keluarga yang berlebih, ayahnya adalah seorang wartawan di jaman Presiden Soekarno dan juga menerbitkan majalah lokal yang oplahnya lumayan. Namun kemudia saat era Soeharto, surat kabar dari ayah Chairul Tanjung dicurigai sebagai antek orde lama dan akhirnya dipaksa untuk tutup.

Dari sinilah perekonomian keluarganya menjadi berubah seratus delapan puluh derajat. Rumah yang cukup luas yang didiami keluarganya terpaksa harus dijual untuk membayar hutang dan memenuhi kebutuhan hidup. Akhirnya Chairul Tanjung bersama saudara dan orang tuanya harus pindah ke kamar losmen yang sangat sempit.

Walau tengah dihimpit kesulitan ekonomi namun ayah dan ibunya ingin anak-anaknya mengenyamm pendidikan setinggi mungkin. Oleh karena itu saat Chairul lulus dari SMA Boedi Oetomo pada tahun 1981, ia kemudian melanjutkan studinya di Kedokteran gigi Universitas Indonesia. Chairul termasuk mahasiswa yang pandai. Ia sempat mendapat penghargaan sebagai mahasiswa teladan tingkat nasional pada tahun 1984-1985.

Kuliah Sambil Berbisnis

Untuk menopang uang sakunya yang jauh dari cukup, Chairul pun berkuliah sambil berbisnis. Awalnya ia berjualan buku kuliah stensilan, kemudian juga berjualan kaos. Ia bersama temannya kemudian juga membuka usaha foto copy di kampusnya. Ia juga membuka kios di daerah Senen Raya Jakarta Pusat yang menyediakan aneka kebutuhan dan peralatan kedokteran dan laboratorium.

Walau ia harus mmebagi waktu antara kuliah dan berbisnis, namun Chairul bisa menyelesaikan kuliah nya di kedokteran gigi dengan baik. Ia kemudian menyandang gelar Sarjana kedokteran dibelakang namanya. Namun karena darah bisnis rupanya lebih kental, ia kemudian memutuskan untuk menjemput rejeki dari bisnis bukan sebagai dokter gigi.

Chairul kemudian lebih memantabkan bisnisnya dengan mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama tiga temannya pada tahun 1987. Bisnis ini bermodalkan hutangan dari bank Exim sebesar 150 juta. Perusahaan Chairul dan temennya ini memproduksi sepatu anak-anak untuk diekspor. Mereka patut berbangga karena begitu mendirikan usaha ini mereka langsung menerima orderan sebesar 160 ribu pasang sepatu dari Itali. Namun kemudian Chairul memutuskan untuk berpisah dan mendirikan usaha sendiri karena ternyata ketiga temannya memiliki visi yang berbeda dengan dirinya.

Membentuk Konglomerasi

Chairul Tanjung kemudian mendirikan perusahaann sendiri yang bergerak dibidang media yaitu mendirikan Trans TV. Chairul Tanjung sangat pandai dalam membangun jaringan. Perusahaannya ini semakin maju dan akhirnya berhasil membuat suatu konglomerasi yang kemudian diberi nama Para Group. Para Group sendiri kemudian membagi tiga ladang usahanya yaitu dibidang keuangan, properti, multimedia.

 

Selain Biografi dikenal juga karangan berbentuk Otobiografi yakni sebuah tulisan atau buku yang menceritakan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri. Berikut ini contoh karangan Otobiografi.

 

Judul: Anak Emas Jessy Aprilia

Nama saya adalah Jessy Aprilia. Saya biasa dipanggil Jessy oleh keluarga saya dan teman-teman saya. Saya lahir di Balikpapan pada tanggal 4 April 1997. Saya adalah anak ke 2 dari 2 bersaudara. Ayah saya bernama Baharudin. Beliau adalah seorang pengusaha di bidang industri makanan. Sedangkan ibu saya bernama Indah. Beliau adalah seorang pengusaha, sama seperti ayah. Saya dan keluarga saya tinggal di Kota Balikpapan, tepatnya di Gunung 4, Balikpapan Barat. Saya mulai memasuki dunia pendidikan pada tahun 2006, di usia saya yang ke 5 tahun. Saya memulai jenjang pendidikan di TK Tunas Harapan I Kota Balikpapan. Tidak banyak hal istimewa yang terjadi selama saya di TK.

 

Pada tahun 2012 saya lulus dari dari SD 033 dan melanjutkan ke jenjang pendidikan SMP. Tepatnya di SMP Negeri 2 Balikpapan. SMP Negeri 3 Balikpapan merupakan salah satu sekolah terfavorit di Kota Balikpapan. Melalui sekolah ini, saya dapat meraih beberapa prestasi dalam bidang akademik maupun di bidang non akademik. Selama masa pendidikan saya di SMP Negeri 3 Balikpapan, saya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler beladiri, yaitu Pencak Silat. Saya juga aktif mengikuti les tambahan. Kedua hal ini sangat menunjang kemampuan saya belajar selama duduk di bangku SMP.Melalui kegiatan ekstrakulikuler Pencak Silat, saya berhasil mendapatkan 3 medali emas dan 4 medali perak. Ke tujuh medali ini berhasil saya dapatkan secara berjenjang mulai dari lomba tingkat kota sampai dengan tingkat nasional. Saya juga pernah mendapatkan beberapa prestasi akademik selama bersekolah di SMP Negeri 3 Balikpapan, diantaranya adalah juara ONS Matematika tingkat provinsi dan juara lomba debat Bahasa Inggris tingkat Kota.Kemudian saya lulus dari SMP Negeri 3 Balikpapan pada tahun 2015 dan hingga saat ini saya masih menempuh pendidikan di bangku SMA, yaitu SMA Negeri 2 Balikpapan.

 

Saat ini, impian saya adalah melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia dengan jurusan Kedokteran pada tahun 2018 kelak. Semoga dengan segala karunia dan kesempatan yang Allah berikan, kedepannya dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk hidup saya.

 

Demikian penjelasan Pengertian Biografi, Ciri karangan nonfiksi Biografi dan contoh karangan Biografi. Semoga bermanfaat.

 


= Baca Juga =


1 Comments


  1. Terima kasih atas informasi yang sangat bermanfaat buat Kami. Salam kenal semoga Anda selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post